Sejarah Negara Vietnam

Vietnam adalah negara yang sekarang termasuk negara yang berkembang, dulu negara ini sempat porak – porak poranda ketika terbelah menjadi dua negara, yang satu adalah negara komunis yang satu lagi adalah negara demokrat. Vietnam dulu pada tahun 1957 mengalami perang dengan negara Amerika Serikat yang masuk menjajah Vietnam guna melepaskan Vietnam dari pengaruh Cina.

Belajar dari jaman terdahulunya sekarang Vietnam sudah mulai bangkit dan banyak mendapatkan bantuan dari negara luar termasuk negara Cina dan bekas musuhnya negara Amerika Serikat. Sebagai negara yang kaya akan hasil bumi Vietnam termasuk negara pengimpor beras ke negara – negara yang ada di asia dan bahkan negara – negara eropa dan Amerika Serikat.

Di dunia saat ini negara, Amerika Serikat dan Vietnam memiliki sejarah panjang persahabatan yang kuat. Hubungan antara kedua negara telah menjadi sumber kekuatan bagi seluruh dunia. Pada artikel ini kita akan melihat sejarah negara Vietnam yang dulunya negara krisis karena peperangan saudara mau pun perang melawan negara asing di negaranya.

Berawal Ribuan Tahun

Sejarah Negara Vietnam berawal ribuan tahun yang lalu. Negara ini telah dikenal sebagai “Bangsa Terakhir Rakyat Naga” sejak Zaman Neolitik. Namun, baru setelah zaman perunggu orang mulai bepergian dari berbagai belahan dunia.

Ketika peradaban muncul di negara-kota ini, banyak desa yang ditinggalkan. Pada saat ini, Vietnam masih menjadi bagian dari Cina. Selama Zaman Neolitikum, orang Vietnam mulai bertani, menambah populasi dan kemakmuran mereka.

Setelah Zaman Perunggu, orang-orang Vietnam masih relatif miskin, tetapi banyak kota tumbuh dan dikenal sebagai pusat kekuasaan. Segera, orang-orang mulai bermigrasi ke garis pantai ke desa-desa yang ditemukan. Mereka mulai berdagang dengan suku-suku tetangga di daerah itu.

Diserang Orang Hun

Peristiwa lain yang menandai sejarah Vietnam adalah ketika mereka diserang oleh orang Hun. Orang Hun adalah suku pejuang nomaden yang sering menyerbu kota-kota di daerah itu. Karena penggerebekan mereka, mereka menjadi orang yang ditakuti. Mereka bahkan akan memakai topeng untuk menyamar.

Setelah diserang oleh orang Hun, orang Vietnam berkembang menjadi masyarakat yang makmur. Mereka mengembangkan teknik pengerjaan besi dan pengerjaan logam yang membantu mereka menjadi kekuatan dominan di wilayah tersebut.

Setelah orang Hun dikalahkan, orang Vietnam mengembangkan sifat budaya yang kuat yang akhirnya mengubah sejarah negara Vietnam. Banyak dari budaya dominan dimodelkan setelah budaya Cina dan Mongolia.

Sepanjang sejarah Vietnam, beberapa peradaban bangkit dan jatuh. Faktanya, selama masa sejarah awal mereka, orang Vietnam bahkan tidak memiliki alfabet.

Zaman Perunggu

Tidak sampai Zaman Perunggu alfabet mereka diciptakan. Campuran huruf Cina dan Romawi juga digunakan pada tahun-tahun awal. Meskipun penggunaan huruf yang diromanisasi memudar seiring waktu, bahasa dan angka Cina tetap menjadi bagian dari budaya Vietnam.

Kota-kota mulai berkembang pada tahun-tahun setelah Zaman Perunggu. Keluarga yang berkuasa diromanisasi, yang menciptakan budaya yang unik. Negara-negara kota segera membentuk aliansi dan membentuk jaringan perdagangan, yang membantu menciptakan landasan bagi pengembangan negara Vietnam.

Pada tahun-tahun akhir Zaman Perunggu, selama abad pertama Era Bersama, Vietnam berkembang menjadi kekuatan besar di wilayah tersebut. Setelah jatuhnya negara-kota, Vietnam terus memperluas pengaruhnya. Selama berabad-abad, mereka dikenal sebagai “Kerajaan Tengah” Kerajaan Tengah “di Asia Tenggara.

Seiring berlalunya waktu, Vietnam diperintah oleh dinasti yang dipersatukan di bawah pemerintahan Mongol. Dari titik ini, negara ini memiliki sejarah yang kaya dan banyak kisah yang terkait dengannya.